Arah Kanal Transmisi

Arah Kanal Transmisi


Kanal transmisi di sini dapat diartikan sebagai sebuah pipa yang menghubungkan dua unit alat untuk mengirimkan datanya. Bagaimana sebuah kanal antar dua unit alat tersebut dapat mengirimkan informasi ditinjau dari arah yang dimungkinkan untuk digunakan pada saluran tersebut.

Dengan adanya kanal atau saluran antar dua unit perangkat, memungkinkan perangkat tersebut untuk berkomunikasi dengan satu arah atau dua arah. Arah transmisi pada kanal dikategorikan, sebagai berikut:

Simplex

Arah transmisi simplex ini disebut juga dengan istilah one way transmission, dimana dengan simplex ini transmisi hanya bisa dilakukan satu arah saja. Contoh penggunaan teknologi ini adalah dalam proses pengiriman sinyal yang dilakukan oleh stasion radio atau televisi.

Dengan teknologi arah transmisi simplex ini penerima hanya bersifat pasif dan tidak bisa memberikan respon terhadap siapa yang mengirimkan sinyal yang dia terima.

HalfDuplex

Disebut juga dengan istilah either way transmission. Transmisi bisa dilakukan dalam bentuk dua arah, namun tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Fungsi mengirim dan menerima dari dua unit perangkat harus dilakukan secara bergantian. Walkie-talkie adalah contoh half duplex ini. Bila seseorang berbicara, dia tidak dapat berbicara sambil mendengarkan.

FullDuplex

Full duplex disebut juga dengan both way transmission. Merupakan komunikasi dua arah yang dapat dilakukan secara bersamaan. Pada saat komunikasi terjadi, masing-masing unit yang berkomunikasi dapat melakukan pengiriman dan penerimaan data sekaligus. Contoh penggunaan teknologi dengan full duplex ini adalah pada telpon yang anda gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar